Alhamdulillah! Pemerintah Sudah Pastikan Tak Ada Kenaikan Harga Listrik hingga Akhir Tahun Ini

INTREN.ID, JAKARTA – Pemerintah memastikan bahwa harga tarif listrik tidak mengalami perubahan hingga akhir tahun. Hal itu sekaligus menampik kekhawatiran melejitnya harga batu bara.

“Kondisi (pasokan) listrik lebih dari cukup dan sudah diputuskan sampai akhir tahun tidak ada kenaikan atau perubahan tarif listrik. Meski pasokan listrik terjaga, pemerintah tetap memantau dinamika krisis energi yang terjadi di sejumlah negara,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana.

Dia mengatakan, beberapa negara mengalami krisis energi dan listrik. Dia mencontohkan Tiongkok, India, hingga Amerika Serikat. Pihaknya pun terus memantau jaminan supply chain, terutama batu bara dan liquefied natural gas (LNG/gas alam cair) yang dalam tren naik.

“Kita harus bersyukur karena memiliki sumber daya alam seperti batu bara dan gas yang melimpah. Hal itu dibarengi dengan kebijakan domestic market obligation (DMO) atau kewajiban pemenuhan kebutuhan domestik. Sehingga, batu bara dan gas tidak seluruhnya diekspor meski permintaan global meningkat,” jelasnya.

Rida menjelaskan, secara umum mutu layanan ketenagalistrikan meningkat pada kuartal III 2021. Hal itu terlihat dari capaian system average interruption duration index (SAIDI) dan system average interruption frequency index (SAIFI) yang membaik dibandingkan capaian tahun lalu.

SAIDI adalah ukuran seberapa lama padam, sementara SAIFI adalah ukuran seberapa sering padam. Hingga kuartal III 2021, capaian SAIDI nasional mencapai 6,62 jam/pelanggan/tahun. Sedangkan, target 2021 adalah 10 jam/pelanggan/tahun. Ini lebih kecil dibanding realisasi tahun 2020 yang mencapai 12,72 jam/pelanggan/tahun.

Sementara itu, capaian SAIFI nasional tercatat 4,96 kali/pelanggan/tahun. Sedangkan, target 2021 adalah 8 kali/pelanggan/tahun dan realisasi 2020 mencapai 9,25 kali/pelanggan/tahun. “Jadi, sudah jarang mati lampu dan kalaupun mati lampu juga sebentar saja,” tutup Rida. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.