Air Terjun Peucari, Destinasi Tersembunyi di Pelosok Aceh

INTREN.ID, JANTHO – Berbicara soal wisata di Aceh memang masih belum banyak yang tahu, karena banyak sekali destinasi keren yang belum terungkap oleh media. Salah satunya adalah air terjun Peucari yang sangat keren ini.

Air terjun Peucari memiliki tujuh tingkatan yang berundak dan juga dilengkapi dengan sebuah kolam alami di setiap tingkatannya. Uniknya lagi kolam yang ada di air terjun ini lebarnya sekitar 3 meter, sehingga bisa digunakan untuk berenang atau bermain air.

Secara administratif, air terjun ini terletak pada Desa Bueng, Kota Jantho, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Nah Untuk mencapai Jantho, kita harus menempuh jarak kurang lebih 60 kilometer, atau sekitar dua jam dari pusat kota Banda Aceh.

Dari pusat Jantho, kita masih harus menempuh perjalanan lagi sejauh 10 kilometer menuju Desa Bueng.

Desa Bueng inilah yang menjadi gerbang terakhir menuju air terjun Peucari.

Perlu diingat jika saat ini belum ada kendaraan umum yang bisa digunakan untuk tiba di Desa Bueng. Jadi kalian harus menyewa atau membawa kendaraan sendiri.

Di lokasi air terjun Peucari tidak ada warung dan fasilitas umum, jadi untuk kalian yang mau ke sini harus membawa makanan sendiri.

Karena lokasi air terjun Peucari tersembunyi dan cukup terpencil, bahkan belum ada akses resmi yang bisa dilalui, maka untuk melihat langsung air terjun Peucari kita harus didampingi oleh warga setempat.

Merekalah yang akan membawa dan memandu kita hingga sampai di lokasi air terjun. Setiap rombongan juga wajib membayar 200-250 ribu rupiah dengan jumlah maksimal 10-15 orang sebagai uang guide atau memandu.

Sebelum tiba di air terjun Peucari, kalian akan bertemu sebuah tanjakan. Nah di balik tanjakan itulah lokasi air terjun Peucari berada. Keindahan dan pesona air terjun Peucari sendiri sangat mengagumkan.

Rasa lelah menyusuri hutan terbayarkan begitu kita melihat keindahan dan merasakan langsung segaranya air terjun Peucari. Kicauan burung akan menambah suasanya sunyi dan sepi sangat berkesan alami, terlebih air terjun Peucari masih jarang dikunjungi wisatawan. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.