Ada Proyek Pelebaran Jalan di Kota Batam, Ratusan Kios dan Rumah di Simpang Barelang Rata dengan Tanah

INTREN.ID, BATAM – Sebanyak 165 kios dan rumah di Simpang Barelang telah rata dengan tanah, seiring dengan telah berpindahnya para penghuni, Senin (7/6/2021).

Pembongkaran bangunan tersebut dilakukan oleh pemilik kios dan rumah yang dibantu oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam dengan menerjunkan alat berat berjenis ekskavator dan beberapa unit truk di lokasi.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam, Salim mengatakan, sebelumnya petugas sudah mendatangi lokasi dan meminta secara persuasif kepada pemiliki kios dan rumah untuk pindah dari lokasi tersebut.

“Ada 165 kios dan rumah yang dempet dengan kios sudah membongkar bangunannya masing-masing,” ucap Salim.

Pembongkaran ratusan kios dan rumah tersebut, didasari akan dilakukannya pelebaran jalan dari arah Muka Kuning ke Barelang, Batu Aji, dan sebaliknya.

Selain itu, di lokasi tersebut juga akan dibangun satu bundaran guna mengurai kemacetan yang kerap terjadi di titik tersebut.

Salim mengapresiasi pemilik kios dan rumah yang ikhlas pindah demi pembangunan Batam. Ia mengaku, semua kios dan rumah sudah dipindahkan ke lokasi yang telah disepakati.

“Untuk kios mereka pindah ke arah Barelang, sementara rumah pindah ke rusun (rumah susun),” ungkapnya.

Khusus rumah yang berapa di radius 35 meter yang terkena dampak pelebaran jalan dalam waktu 1-2 minggu ke depan akan dilanjutkan penataannya dalam penataan tahap II nanti.

“Untuk yang pindah ke rusun, kita beri kelonggaran enam bulan gratis,” pungkasnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.