Ada Kandungan Etanol, Logistik Batam Gagal Berangkat dari Jakarta

BTKLPP Upayakan Pengiriman dengan Pesawat Hercules

INTREN.ID, BATAM – Pemeriksaan swab untuk mendeteksi virus corona baru (Covid-19) di Batam kembali terkendala. Pasalnya logistik untuk Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas 1 Batam dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) gagal diterbangkan dari pihak kargo.

Kepala BTKLPP Kelas 1 Batam, Ismail Damhuji mengungkapkan, kegagalan keberangkatan tersebut akibat adanya kandungan etanol yang merupakan kategori DG 8 explosive pada logistik tersebut. “Seharusnya sore ini (Red.) dikirim melalui Garuda, tetapi masih tertahan di bandara,” ucap Ismail, Selasa (28/4/2020).

Kata Ismail, kegagalan keberangkatan tersebut hanya terjadi pada penerbangan yang menuju ke Batam. Pengiriman yang digunakan pada saat itu melalui kargo dari Garuda Indonesia.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan TNI AU untuk melakukan pengiriman menggunakan pesawat Hercules. Sehingga diharapkan logistik tersebut bisa tiba di Batam dengan segera.

“Info yang kami terima pagi ini masih menunggu kepastian, via kargo Garuda atau Hercules. Dan Semoga hari ini bisa sampai Batam,” sebutnya, Rabu (29/4/2020) seraya menyampaikan saat ini logistik tersebut telah berada bersama pihak kargo.

- ADVERTISEMENT -

Sementara itu Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Hang Nadim Batam, Mayor (Lek) Wardoyo, saat dikonfirmasi oleh Intren.id mengungkapkan, masih akan melakukan pengecekan ke Jakarta.

Terpisah, Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam Suwarso belum menerima informasi adanya pesawat Hercules yang akan mendarat di Bandara Hang Nadim Kota Batam. Katanya untuk saat ini baru ada kargo dari Lion. Sementara untuk pendaratan Hercules baru akan terjadi pada 5 Mei 2020 mendatang.

“Kalau kabar kedatangan pesawat Hercules pada hari ini, kami belum ada informasi. Paling cepat ada kedatangan pada 5 Mei mendatang,” terang Suwarso.

Meskipun logistik gagal berangkat pada Selasa (27/4/2020), BTKLPP Batam masih bisa melaksanakan kegiatan swab. Karena telah kedatangan 500 logistik dari pemerintah Provinsi Kepri pada Senin (27/4/2020) lalu. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.