- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

ACT Kepri Lakukan Aksi Solidaritas Bantu Etnis Rohingya di Aceh Utara

INTREN.ID, BATAM – Sebuah kapal terombang-ambing di perairan Aceh Utara membawa 94 warga etnis Rohingya, Rabu (24/6/2020) lalu. Nelayan tempatan yang mengetahui hal tersebut langsung memberi bantuan dengan menggiring kapal mereka yang rusak ke bibir pantai.

Merespons puluhan pengungsi Rohingya yang terdampar di perairan Aceh utara, Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengaktivasi dapur umum. Dapur umum diperuntukkan pengungsi Rohingya yang diperkirakan akan berlabuh di lokasi tersebut hingga 30 hari ke depan.

Tidak hanya di Aceh, ACT Kepulauan Riau (Kepri) pada Ahad (28/6/2020) langsung merespon dengan mengadakan aksi penggalangan dana. Juga menyosialisasikan kepada masyarakat di Kota Batam untuk membantu saudara Rohingya yang terdampar di Aceh Utara.

Ronio Romantika selaku Kepala Cabang ACT Kepri mengatakan, pihaknya telah mengirimkan armada kemanusiaan terbaiknya untuk membantu saudara Rohingya yang terdampar di Aceh utara.

“ACT secara lembaga telah mengirimkan armada kemanusiaan untuk memberi dukungan kepada saudara Rohingya yang terdampar di Aceh utara. Humanity food truck, humanity water tank kami kirimkan untuk membantu saudara Rohingya,” ujar Ronio, Senin (29/6/2020).

- ADVERTISEMENT -

Lanjut dia, aksi-aksi kemanusiaan juga akan terus dilakukan untuk memberi dukungan terhadap saudara Rohingya yang terdampar di Aceh utara. Hingga satu pekan ke depan, ACT Kepri direncanakan terus melakukan aksi guna membangun kepedulian masyarakat terhadap musibah yang menimpa etnis Rohingya.

“Selama satu pekan ke depan ACT Kepri khususnya akan melakukan aksi-aksi kemanusiaan, baik berupa galang dana ataupun social movement untuk membangun kepedulian masyarakat,” ungkapnya.

Tak hanya di wilayah Aceh, ACT juga akan membangun kepedulian masyarakat di Kota Batam. Tujuannya untuk membangkitkan rasa solidaritas antar sesama umat manusia. “Berbagai macam aksi terus dilakukan demi terciptanya peradaban yang lebih baik di masa depan,” tutupnya. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.