ABK KM Kelud Positif Corona Bertambah Jadi 28 Orang

Diisolasi di RS Khusus Covid-19 di Pulau Galang

INTREN.ID, BATAM – Para Anak Buah Kapal (ABK) KM Kelud kembali terkonfirmasi positif virus corona baru (Covid-19). Sebanyak 13 dari 22 orang yang telah menjalani swab, menunjukkan hasil positif terjangkit corona.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan, dengan penambahan 13 orang tersebut, kini total dari ABK yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 28 orang. Dari 40 ABK yang ada, sebanyak 37 telah menjalani swab dan dijadwalkan hasil tiga lainnya akan keluar Sabtu (17/4/2020).

“Hasil telah keluar. Untuk kru Kelud total terkonfirmasi 28 dari 36 orang. Jadi tiga lainnya tinggal menunggu hasil swab,” ucap Didi, Jumat (17/4/2020) malam.

Kini seluruh ABK tersebut telah menjalani perawatan di RS Khusus Covid-19 di Pulau Galang yang di jaga ketat oleh pihak TNI di bawah komando dari direktur Kolonel dr Khairul Ihsan Nasution.

Meskipun seluruh ABK tersebut menjalani perawatan di Kota Batam, namun mereka tidak masuk data pasien untuk Kota Batam.

- ADVERTISEMENT -

“Setelah berkoordinasi dengan Kadinkes Kepri, para ABK tersebut akan dibuatkan data tersendiri dan tidak masuk dalam data pasien Kota Batam,” ungkapnya.

Sementara itu terhadap para penumpang kapal KM Kelud yang turun di Batam pada Ahad (12/4/2020) lalu, total ada sebanyak 38 Penumpang. Namun hanya 26 orang saja yang merupakan warga Batam, sementara sisanya merupakan warga dari daerah lain di Kepri. Seluruh penumpang yang bertempat tinggal di Batam, telah menjalani rapid test dengan hasil non reaktif.

“Sementara penumpang lain akan dilaksanakan proses tracking oleh tim dari masing-masing daerahnya,” pungkas Didi. (***)

Reporter: Agung Maputra

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.