9 Tokoh yang Diprediksi Akan Mengantikan Posisi Kim Jong Un

INTREN.ID, PYONGYANG – Pejabat Korea Selatan dan Cina secara terbuka meragukan laporan bahwa Kim Jong Un sakit parah setelah prosedur kardiovaskular.

Namun ketidakhadirannya dari acara peringatan kenegaraan pada 15 April 2020 memicu spekulasi tentang kesehatannya.

Tetapi banyak pihak yang mempertanyaan tentang siapa yang akan mengambil alih jika Kim jatuh sakit parah atau meninggal.

Kim diketahui memimpin Korea Utara setelah ayahnya Kim Jong Il meninggal pada 2011 karena serangan jantung.

Berikut ini adalah tokoh-tokoh kunci dalam lingkaran kepemimpinan Korea Utara dan kemungkinan besar akan memimpin Korea Utara apabila Kim Jong Un sakit parah atau meninggal dunia.

Kim Yo Jong 

Kim Yo Jong adalah adik perempuan Kim Jung Un dan paling terlihat di sekitar Kim Jong Un dalam dua tahun terakhir.

Kim Yo Jong dinobatkan sebagai anggota pengganti dari Komite Sentral Politbiro kuat Partai Buruh yang berkuasa bulan ini, melanjutkan pendakiannya melalui hierarki kepemimpinan.

Kim Yo Jong diketahui memiliki kontrol yang kuat terhadap fungsi-fungsi partai kunci, menetapkan dirinya sebagai sumber kekuatan utama di balik kepemimpinan kolektif.

Choe Ryong Hae

Choe Ryong Hae naik menjadi kepala negara nominal Korea Utara tahun lalu sebagai presiden Presidium Majelis Rakyat Tertinggi.

Ini mengakhiri dekade pelayanan dengan partai untuk keluarga Kim yang berkuasa, mengikuti perannya sebagai kepala politik militer yang berpengaruh di bawah pemimpin muda.

Choe dan Pak Pong Ju

Choe dan Pak Pong Ju, sesama anggota politbiro dan mantan perdana menteri negara yang mengawasi dorongan Korut untuk memperkenalkan lebih banyak fungsi pasar bebas untuk menghidupkan kembali ekonominya, kemungkinan akan menjadi tokoh yang memimpin kepemimpinan kolektif, kata para analis.

Kim Yong Chol

Kim Yong Chol, seorang wakil ketua partai dan mantan utusan nuklir utama yang tidak terkait dengan dinasti Kim.

Ri Son Gwon

Menteri Luar Negeri Ri Son Gwon dapat ditugaskan untuk menangani masalah-masalah diplomatik, termasuk pembicaraan denuklirisasi yang terhenti dengan Amerika Serikat, karena mereka memainkan peran kunci dalam KTT Kim Jong Un dengan Presiden AS Donald Trump.

Kim Jong Chol

Kim Jong Chol adalah kakak pemimpin Korea Utara tetapi belum menjadi bagian dari kepemimpinan negara itu.

Sebaliknya, ia justru senang hidup di dunia musik.

Menurut Thae Yong Ho, mantan wakil duta besar Korea Utara di London, yang membelot ke Korea Selatan, Kim Jong Chol, diyakini tidak tertarik dalam kehidupan publik dan tidak mungkin muncul sebagai kehadiran utama.

Meskipun beberapa analis mengatakan dia mempertahankan hubungan dengan saudara kandung dan bisa memainkan peran yang lebih publik dalam kontingensi.

Kim Kyong Hui

Kim Kyong Hui pernah menjadi figur yang kuat di lingkaran kepemimpinan ketika kakaknya Kim Jong Il memerintah negara.

Tapi dia belum terlihat sejak suaminya, Jang Song Thaek, yang pernah dianggap sebagai pria paling kuat kedua di negara itu, dieksekusi pada 2013 oleh Kim Jong Un.

Dia telah lama sakit tetapi sebentar muncul awal tahun ini di sebuah pertunjukan gala bersama keponakannya.

GENERASI KEEMPAT KIM

Kim Jong Un diyakini memiliki tiga anak dengan Ri Sol Ju, anak bungsu yang lahir pada tahun 2017, menurut National Intelligence Service Selatan.

Yang tertua adalah putra berusia 10 tahun, yang berarti salah satu dari ketiganya akan membutuhkan bantuan kerabat atau wali politik mereka jika mereka ingin menjadi pemimpin keturunan generasi keempat.

Kim Jong Il telah dipersiapkan selama 20 tahun untuk memimpin negara itu, sementara Kim Jong Il hanya memiliki persiapan lebih dari satu tahun, karena kematian mendadak ayahnya karena serangan jantung.

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.