76 Tahun Korps Brimob Mengabdi untuk Indonesia, Safaruddin: Harus Semakin Profesional dan Humanis

INTREN.ID, BALIKPAPAN – 14 November 1945 menjadi hari lahir satuan elit Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Korps Brigadir Mobil (Brimob). Setelah melalui sejarah panjang republik, hari ini genap 76 tahun korps baret biru tua itu mengabdi untuk bangsa dan negara.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin secara khusus mengucapkan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-76 Korps Brimob. Sebagai unit polisi tertua di lingkungan Korps Bhayangkara, dia berharap Korps Brimob semakin profesional dan humanis.

“Sebagaimana tema HUT ke-76 Korps Brimob, Terlatih, Tangguh, dan Responsif. Itu menjadi pesan penting untuk terus meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia), siap di segala medan, dan mampu hadir dalam segala kondisi,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu juga berharap, kehadiran korps yang identik dengan nuansa berwarna merah, kuning, dan hitam itu, tidak sekadar sebagai pasukan khusus Polri. Melainkan juga menjadi pasukan yang siap sedia mengabdi untuk masyarakat, bangsa, dan negara.

“Perkembangan saat ini juga menjadi tantangan bagi Korps Brimob Polri. Di mana, korps ini harus terus bersinergi dengan masyarakat dan stake holders, baik itu pemerintah, TNI, dan instansi lainnya dalam rangka ikut serta menekan penyebaran pandemi Covid-19, memulihkan perekonomian, serta menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat),” ujar Kapolda Kaltim 2015-2018 itu.

Yang tidak kalah penting, lanjut Safaruddin, Korps Brimob harus tetap memegang teguh moto “Jiwaragaku Demi Kemanusiaan” yang selama ini jadi pedomannya. “Selain itu, juga harus lebih dicintai masyarakat,” tutupnya. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.