74 Tahun Srikandi Bhayangkara Mengabdi untuk Indonesia, Safaruddin: Semoga Polwan Menjadi Wanita Modern yang Mandiri dan Mengayomi

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Polisi Wanita (Polwan) menjadi salah satu tulang punggung Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Para Srikandi Bhayangkara itu mulai mengisi posisi-posisi strategis yang biasanya dijabat polisi laki-laki. 1 September 2022, Polwan genap berusia ke-74. Seiring berjalannya waktu, tugas dan tanggung jawabnya pun semakin berkembang.

Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Irjen Pol (Purn) Drs H Safaruddin mengatakan, tugas dan peran Polwan masa kini sejalan dengan tema HUT ke-74 Polwan, yakni: “Polri yang Presisi, Polwan Siap Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh”.

“Sejauh ini sejumlah Polwan sudah berpangkat perwira tinggi dan menempati jabatan operasional berisiko tinggi di Polri. Ada Polwan berpangkat jenderal, ada juga Polwan memegang jabatan komando seperti Wakapolda, Kapolres, maupun Kapolsek. Tugas Polwan terus berkembang tidak hanya menyangkut masalah administrasi saja, mereka mampu menangani kasus besar menyangkut masalah kejahatan wanita, anak-anak dan remaja, hingga narkotika. Ini menunjukkan begitu besarnya peran Polwan saat ini,” kata anggota Komisi III DPR RI yang membidangi persoalan hukum, keamanan, dan hak asasi manusia itu.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu mengingatkan, Polri harus konsisten untuk terus memberikan ruang bagi Polwan. Menurutnya, kesetaraan gender harus diperjuangkan di dalam tubuh Korps Bhayangkara. Dia pun mendukung upaya Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang berkomitmen meningkatkan jumlah Polwan menjadi 30 persen dari jumlah seluruh personel polisi.

“Dirgahayu Polwan ke-74. Saya berharap Polwan mampu meningkatkan kualitasnya dan menjadi pelopor profesionalisme di tubuh Polri. Semoga Polwan semakin tulus dan profesional dalam mengemban tugas mulia, serta selalu menjadi wanita modern yang mandiri dan mengayomi masyarakat,” tutup Kapolda Kaltim 2015-2028 itu. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.