728 Kilogram Beras Digelontorkan ke 98 Kepala Keluarga di Bontang Selatan

INTREN.ID, BONTANG – Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) berupa beras sebanyak 728 kilogram, disalurkan Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura (DPTPH) Pemprov Kaltim, Senin (13/7/2020). Bantuan ini diberikan kepada 98 Kepala Keluarga (KK) yang ada di wilayah Kecamatan Bontang Selatan.

Rinciannya masing-masing KK mendapatkan jatah sebanyak 0,25 kilogram per hari. Jika dikalkulasikan sebulan, totalnya menjadi 7,5 kilo gram per KK. Bantuan ini diserahkan secara simbolis di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Bontang Selatan.

Kabid Distribusi dan Ketersediaan Pangan DPTPH Pemprov Kaltim Alimuddin mengatakan, tidak semua masyarakat menerima bantuan ini. Kata dia, warga yang mendapatkan memiliki beberapa persyaratan. Penilaiannya berdasarkan 9 indikator dan 3 akses serta diihat dari pemetaan daerah kerawanan pangan. Tujuannya untuk meningkatkan gizi masyarakat.

“Kebetulan saja momennya saat ini sedang ada pandemi. Ada atau tidak ada pandemi Covid-19 ini tetap kami bantu. Karena ini sudah masuk dalam program dan pendataannya telah dilakukan setahun sebelumnya,” ujarnya.

- ADVERTISEMENT -

Pemilihan wilayah Bontang Selatan sendiri kata Alimuddin lantaran dari kategori 1-3, dinilai sebagai daerah kerawanan pangan. Tidak menutup kemungkinan jika pandemi ini masih berkepanjangan, intervensi, dan dukungan terhadap warga terdampak masih akan terus berlanjut.

“Tergantung dari permintaan dari setiap kabupaten/kota saja,” terangnya.

Alimuddin memaparkan, bantuan ini tidak digulirkan untuk Bontang saja, namun juga ke 10 kabupaten/kota yang ada di Kaltim. Total bantuan keseluruhannya mencapai 170 ton. Pembagiannya disesuaikan dengan jumlah warga yang terdampak. (***)

Reporter: Bambang Al-Fatih

Editor: Lukman Maulana

Get real time updates directly on you device, subscribe now.