38 Orang Dalam Pemantauan di Batam Dinyatakan Bebas Dari Virus Corona

INTREN.ID, BATAM – Sebanyak 38 orang yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP)  di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau dan sempat diisolasi di Rusun BP Batam di Tanjung Uncang, Batuaji, akhirnya bisa kembali ke rumah, pada Rabu (25/3/2020).

Keputusan tersebut diambil, setelah pihak Dinas Kesehatan Kota Batam menyatakan para ODP tersebut dalam keadaaan sehat dan steril dari virus covid-19, yang sebelumnya sempat melakukan kontak dengan pasien positif covid-19 nomor 01.

Pemulangan para ODP tersebut dilakukan oleh Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

“Kita sudah pastikan mereka dalam keadaan sehat, jadi tidak ada alasan untuk kita melakukan isolasi di tempat ini,” katanya.

Ketua Tim Gugus Tugas penanganan penyebaran virus covid-19 di Kota Batam itu menjelaskan, pihaknya tetap menginstruksikan agar para ODP untuk tetap berada di rumah.

- ADVERTISEMENT -

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, akan langsung memberikan surat tertulis dengan status kesehatan para warga tersebut.

“Ini kita lakukan agar masyarakat tidak lagi berpikir negatif kepada para warga yang baru kita pulangkan,” ucap Didi.

Meskipun demikian, hingga saat ini masih ada 15 ODP yang masih menjalani masa isolasi di Rusun BP Batam.

“Mereka para TKI yang tiba dari pelabuhan Batam Center tiga hari lalu, dan masih akan terus kita lakukan pemantauan,” ujarnya.

Reporter : Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.