169 Sertifikat Tanah Dibagikan di Bontang, Diserahkan Langsung Oleh Presiden RI Secara Virtual

INTREN.ID, BONTANG – Penyerahan sertifikat hak atas tanah pada kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo secara virtual, Senin (9/11/2020). Sebanyak 1 juta sertifikat tanah dibagikan di seluruh Indonesia secara gratis dari program PTSL.

Dalam sambutannya, Jokowi–sapaan Joko Widodo–mengatakan, 1 juta sertifikat tanah merupakan program yang cukup banyak. Karena sebelumnya, pemerintah hanya bisa menerbitkan 500 ribu sertifikat setiap tahun.

Hal itu membuat kinerja lambat dan membutuhkan waktu lama, jika hanya 500 ribu sertifikat yang diterbitkan setiap tahunnya. Mengingat terdapat 126 juta sertifikat yang harus diterbitkan.

“Jadi saya minta bekerja dengan target, dan jangan main-main sama target. Kalau tidak tercapai, kepala kantor, kanwil, dan menterinya harus hati-hati,” tegas Jokowi.

Dalam lima tahun, lanjut Jokowi, dirinya sudah membagikan secara langsung 2,4 juta sertifikat. Sisanya dibagikan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) masing-masing daerah. Total yang sudah terbit 18,9 juta bidang selama lima tahun.

Sementara itu, Pjs Wali Kota Bontang, Riza Indra Riadi mengatakan, di Bontang ada 169 sertifikat di tahun 2020 ini, dan yang dibagikan secara simbolis ada 27 lembar. Tujuan PTSL ini untuk kepastian hukum tanah, juga pencegahan konflik dan sengketa tanah.

“Di Bontang sudah dua tahun berjalan program ini,” ujar Riza di pendopo rumah jabatan Wali Kota Bontang.

Sementara Kepala Kantor BPN Bontang, Irwansyah mengatakan, jumlah sertifikat tanah yang sudah diterbitkan sejak 2018-2020 ialah 12.234. Tahun 2020 ini targetnya hanya 169 sertifikat untuk satu kelurahan, yakni Kelurahan Kanaan. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.