- ADVERTISEMENT -

- ADVERTISEMENT -

14 Alasan Kenapa Helmy Hemilton Sangat Layak Memimpin Kota Batam

INTREN.ID, BATAM – Helmy Hemilton menjadi satu-satunya bakal calon wali kota dan wakil wali kota Batam yang usianya masih muda. Lahir 1 Desember 1979, bungsu lima bersaudara yang lahir dari pasangan HR Tjoek Soekirman dan Hj Martina Soekirman ini dianggap sebagai figur yang layak memimpin Kota Batam.

Di usianya yang baru akan menginjak 41 tahun, Helmy sudah malang-melintang di kancah perpolitikan di kota yang terletak di Serambi ASEAN itu. Sebagai salah seorang tokoh muda terbaik yang dimiliki Batam, banyak alasan mengapa Helmy layak memimpin Batam.

Berikut, kami rangkum 14 alasan kenapa kader potensial Partai Demokrat itu layak untuk memimpin Batam.

 

1) Cerminan Anak Muda Sukses

Menurut sebuah studi, generasi muda lebih mementingkan inovasi, hubungan yang lebih dalam dengan sesama, dan lebih memerhatikan kepedulian kepada masyarakat. Dalam skala global, DNA pendobrak dari kaum muda ternyata juga sudah menjadi terobosan dalam struktur pemerintahan. Beberapa negara besar seperti Malaysia, Austria, hingga Uni Emirat Arab menempatkan kaum muda untuk mengelola pemerintahan. Hasilnya, pemerintahan menjadi gesit, serta cepat dan tepat dalam mengambil kebijakan.

Helmy Hemilton dekat dengan siapa saja. (ist)

Di Batam, representasi dari generasi muda sukses ada pada diri Helmy Hemilton. “Muda Adalah Kekuatan” menjadi tagline bagi pengusaha muda itu. Bayangkan, di usianya yang masih relatif muda, Helmy dipercaya menjabat sebagai wakil ketua DPRD Batam periode 2014-2019. Bahkan, dia mendapat kepercayaan untuk duduk sebagai anggota parlemen selama dua periode berturut-turut. Generasi muda adalah pendobrak revolusi 4.0.

 

2) Kader Partai yang Loyal

Helmy yang besar dalam lingkungan keluarga militer memutuskan terjun ke dunia politik, dengan Partai Demokrat menjadi pilihan kendaraannya. Demokrat dipilih Helmy lantaran kekaguman kepada sosok pendiri partai berlambang mercy tersebut, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Keputusannya ini mendapat dukungan penuh dari seluruh keluarga besar, apalagi latar belakangnya yang berasal dari keluarga militer sebagaimana sosok SBY. Saat Partai Demokrat dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Helmy pun mendukung penuh kepengurusan baru yang merupakan bagian dari upaya regenerasi partai. Itu dibuktikan dengan kedekatannya dengan AHY.

Helmy Hemilton berbincang santai dengan ketua umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. (ist)

Lewat Demokrat, Helmy terpilih menjadi Anggota DPRD Kota Batam. Hebatnya, suami dari Vita Setiati itu mendapatkan suara terbanyak di antara anggota dewan lainnya. Hal ini menunjukkan kualitas Helmy yang mendapat dukungan dari masyarakat banyak dalam kiprahnya sebagai wakil rakyat. Keseriusan Helmy dalam berpolitik tampak lewat kiprahnya dalam kepengurusan internal Partai Demokrat Batam. Pada Musyawarah Cabang (Muscab) ke-2 Partai Demokrat Batam, Helmy mencalonkan diri sebagai ketua. Menariknya meski kalah berkompetisi dengan Ahmad Dahlan yang kala itu menjabat Wali Kota Batam, perolehan suara Helmy dalam menjadi orang nomor satu di Demokrat Batam hanya berselisih satu suara saja. Kalah bertarung, Helmy tetap setia dengan partai. Loyalitas Helmy pada partai itulah yang kemudian membuatnya mendapat amanah sebagai wakil ketua DPC Partai Demokrat Kota Batam Periode 2011-2016. Dia pun makin terlibat aktif dalam kepengurusan di Demokrat Batam.

 

3) Didukung Bulat DPC dan DPAC Demokrat Batam untuk Pilkada

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Batam bulat mendukung kader terbaiknya, Helmy Hemilton. Keputusan itu berdasarkan hasil rapat DPC partai berlambang segitiga mercy itu, Senin (6/7/2020) lalu. Plt ketua DPC Partai Demokrat Kota Batam, Hotman Hutapea menegaskan, dukungan penuh diberikan pengurus, kader, hingga simpatisan partai untuk wakil ketua DPRD Batam periode 2014-2019 itu.

Helmy Hemilton (empat dari kiri) usai menyampaikan pemaparan di DPP Partai Demokrat. (ist)

Hotman juga menegaskan bahwa pihaknya telah mengetahui track record Helmy dalam dunia politik. Dia optimistis Helmy bisa mempertanggungjawabkan kepercayaan yang telah diberikan. “Partai Demokrat memiliki tiga Kursi, kami masih berusaha melobi salah seorang calon untuk bisa disandingkan dengan orang dari internal Demokrat. Karena Helmy merupakan wakil ketua DPC, jadi akan kami dorong beliau (Helmy, Red.) untuk bisa disandingkan dengan calon tersebut,” ucapnya.

 

4) Tegas dan Berdisiplin Tinggi

Lahir dari pasangan HR Tjoek Soekirman-Hj Martina Soekirman, Helmy digembleng bak militer. Sejak kecil, Helmy dan para saudaranya yang kerap dijuluki Pandawa Lima digembleng untuk mencintai bangsa dan negara. Bedanya, bungsu dari lima bersaudara ini memilih jalur politik untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Berbeda dengan kakak-kakaknya yang mengabdi lewat militer dan kepolisian.

Keempat kakak Helmy adalah Kolonel (Pas) Drs Heru Hermawan (Mabes BAIS TNI), Kombes (Pol) Herry Herjawan, S.IK.,MH. (Dirsidik Densus 88), Serka (CPM) Hendra Himawan (Denpom Semarang), dan Kombes (Pol) Hanny Hidayat S.IK. MH. (Dirkrimsus Polda Kepri). Tumbuh dan besar di keluarga militer, menjadikan Helmy sebagai sosok yang tegas dalam mengambil keputusan, dan disiplin dalam bertindak.

 

5) Tak Lelah Menuntut Ilmu

Helmy Hemilton mengeyam pendidikan berpindah-pindah. Sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) dia tamatkan di Ambon. Lalu, dia melanjutkan pendidikan ke Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Di universitas itu jiwa kepemimpinannya sudah teruji tatkala dipercaya sebagai Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Lalu, Helmy melanjutkan pendidikan ke Bussiness School di Singapura. Di Negeri Singa, Helmy belajar mengelola bisnis. Sebuah pengalaman berharga. Tak puas dengan ilmunya, Helmy melanjutkan studi Magister Hukum di Universitas Batam. Dia pun menguasi bisnis dan hukum. Sehingga jadi modal baginya untuk mengelola pemerintahan. Tak hanya itu saja, Helmy juga pernah mengikuti Kursus Lemhanas Angkatan XXXV Jakarta dan Seminar European City Infrastructure and Planning Marseille France.

 

6) Berpengalaman di Banyak Organisasi

Sejak muda, Helmy Hemilton sudah banyak mengenyam ilmu organisasi. Itulah yang menjadi modal baginya untuk memimpin Batam. Saat masih menjadi mahasiswa, Helmy tercatat sebagai aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Selain itu dia juga menjabat sebagai Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Lulus dari mahasiswa, Helmy juga tercatat sebagai Ketua Satma Pemuda Pancasila Kota Semarang. Di organisasi profesi, Helmy menjadi pengurus Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Di dunia olahraga, Helmy menjabat sebagai wakil ketua Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kota Batam. Kemudian dia pun mendedikasikan pengabdiannya untuk bangsa dan negara dengan menjadi wakil ketua Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan ABRI (FKPPI) Kota Batam.

 

7) Dicintai Masyarakat Batam

Selama menjabat sebagai legislator Batam, kiprah Helmy Hemilton tampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat. Pasalnya pada Pemilu Legislatif 2014, ayah dua putri ini kembali terpilih sebagai Anggota DPRD Kota Batam. Posisinya di lembaga legislatif itu pun naik kelas lantaran ditugaskan oleh partai untuk menduduki jabatan Wakil Ketua 3 DPRD Kota Batam.

Pengobatan gratis yang digagas Helmy Hemilton. (ist)

Berbagai kegiatan dia lakukan demi kesejahteraan masyarakat Batam. Mulai dari pengobatan gratis, kegiatan keagamaan, hingga kegiatan lainnya yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Melalui aspirasinya sebagai wakil rakyat, banyak masyarakat yang merasakan betul perjuangan Helmy di parlemen. Tak hanya itu, Helmy juga rajin menyapa siapa saja yang dijumpai. Tidak hanya saat bertatap muka, di media sosial pun dia juga kerap menyapa masyarakat.

 

8) Punya Banyak Relasi

“The Power of Silaturahim” menjadi kunci keberhasilan Helmy Hemilton. Dia memiliki banyak relasi yang tersebar di daerah hingga pusat. Baik melalui jaringan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) maupun Partai Demokrat. Relasi Helmy terbilang merata. Mulai dari kaum milenial, aktivis buruh, akademisi, politisi,  advokat, tokoh  agama,  dan tokoh masyarakat. Semua relasinya itu dijaga dengan baik hingga saat ini.

- ADVERTISEMENT -

Dari kiri ke kanan: Andi Mallarangeng, Helmy Hemilton, dan Farkhan Evendi. (Lukman Maulana/intren.id)

Bahkan, relasi Helmy tergolong lintas partai, lintas suku, dan lintas agama. Banyaknya relasi itu menjadi modal utama Helmy untuk memimpin Batam. Karena, tanpa adanya relasi dari pusat hingga daerah, mustahil Batam bisa berkembang. Berbekal relasi itulah, jika Helmy memimpin Batam, akan terjadi sinergitas antara pusat dengan daerah.

 

9) Dekat dengan Semua Kalangan

Beberapa waktu beredar foto dan video saat Helmy Hemilton menunggangi sepeda motor sport di kawasan Mega Legenda. Dia pun terlihat nongkrong dan bercanda santai dengan komunitas motor di Batam. Tidak formal. Dengan gayanya yang khas, Helmy terlihat gaul dan bersenda gurau dengan anak muda. Kedekatan dengan semua kalangan menjadikan Helmy sangat dicintai, khususnya oleh kaum milenial.

Pilkada Batam
Helmy Hemilton (kiri) saat berjumpa dengan komunitas motor di Batam. (Agung Maputra/intren.id)

Kedekatan Helmy dengan generasi milenial tidak hanya sekadar nongkrong saja. Melainkan juga banyak memberi masukkan, saran, dan pendampingan untuk menjadi sukses. Hubungan baik Helmy dengan generasi muda bisa menjadi senjata menakutkan bagi bakal calon lain. Pasalnya, generasi muda memiliki suara yang sangat signifikan di Pilkada Batam.

 

10) Pengusaha Sukses

Helmy Hemilton adalah pengusaha sukses yang pernah menjabat sebagai Direktur PT Haribima Group Batam. Bisnisnya bergerak di bidang konstruksi dan otomotif. Usahanya tergolong maju meskipun saat itu Helmy memimpin perusahaan di usia muda.

Kesuksesannya membangun usaha berhasil mengantarkannya masuk dalam kepengurusan Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

 

11) Siapkan Program untuk Pemberdayaan Perempuan

Helmy Hemilton sangat peduli dengan kaum hawa. Dia memiliki komitmen tinggi untuk pemberdayaan perempuan. Mulai dari pemberdayaan usaha menengah kecil mikro (UMKM) dan ekonomi kerakyatan yang semuanya menyangkut dengan perempuan.

Helmy Hemilton menunjukkan komitmennya untuk pemberdayaan perempuan di Kota Batam. (ist)

Sejatinya, sedari dulu Helmy sudah menunjukkan kepedulian kepada perempuan. Berbagai kegiatan dia lakukan melalui aspirasinya. Mulai dari pengobatan gratis, pelatihan UMKM, hingga pendampingan.

 

12) Punya Jurus Setop Banjir

Helmy Hemilton memiliki latar belakang sebagai pengusaha konstruksi. Berbagai proyek sudah dia tangani. Untuk menghadapi persoalan banjir, Helmy memang ahlinya. Menurutnya, ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Tidak sekadar membangun jalan yang bagus. Ada aspek lain yang harus disiapkan. Ketika dia duduk, dia pun menggaransi masalah banjir akan tuntas.

 

13) Mampu Bangkitkan Ekonomi

Sejak Covid-19 melanda, ekonomi Batam ambruk total. Kendati demikian, Helmy Hemilton optimistis Batam akan kembali bangkit. Banyak hal yang akan dibenahi Helmy dalam mengelola Batam. Berlatar belakang sebagai pengusaha, menjadi keuntungan bagi Helmy. Pasalnya, dia dapat berpikir out of the box dengan tetap mematuhi peraturan dan ketentuan yang berlaku. Beberapa hal yang masuk dalam programnya adalah, bagaimana menjadikan Batam sebagai kawasan ramah investasi. Tentunya untuk merealisasikan itu semua, banyak aspek yang harus dipenuhi. Mulai dari perizinan, kenyamanan, hingga daya tarik.

Di sektor pariwisata, Helmy juga akan concern. Menurutnya, Batam harus dikonsep dengan baik agar menjadi tujuan wisata. Tidak sekadar menggelar acara seremoni. Kemudahan, strategi, hingga infrastruktur harus terpenuhi untuk membangkitkan pariwisata Batam.

 

14) Komitmen Lahirkan Entrepreneur dan SDM Berkualitas

Berbekal pengalaman memimpin perusahaan dan menjadi wakil rakyat, Helmy Hemilton tahu betul bagaimana membangun Batam. Berbagai program dia siapkan. Helmy pun sudah sering mencetak entrepreneur muda yang sukses. Tak hanya itu, dia juga kerap membentuk sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Sudah banyak masyarakat yang dididik Helmy untuk menjadi sukses dan berkualitas. Dia pun optimistis, Batam akan melahirkan banyak entrepreneur hebat dan SDM berkualitas.

 

Tentang Helmy

  • Nama: Helmy Hemilton, SH., MH.
  • TTL: Ambon, 1 Desember 1979
  • Agama: Islam
  • Istri: Ipda (Pol) Vita Setiati
  • Anak: Safia Tunggadewi Hemilton, Shaquilla Dwiputry Hemilton
  • Orang Tua: HR Tjoek Soekirman (Ayah), Hj Martina Soekirman (Ibu)
  • Saudara: Kolonel (Pas) Drs Heru Hermawan (Mabes BAIS TNI), Kombes (Pol) Herry Herjawan, S.IK.,MH. (Dirsidik Densus 88), Serka (CPM) Hendra Himawan (Denpom Semarang), Kombes (Pol) Hanny Hidayat S.IK. MH. (Dirkrimsus Polda Kepri)

Riwayat Pendidikan

  • SD Negeri 65 Ambon
  • SMP Negeri 4 Ambon
  • SMA Negeri 2 Ambon
  • Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Bussiness School di Singapura
  • Magister Hukum Universitas Batam

Riwayat Pekerjaan

  • Direktur PT Haribima Group Batam
  • Anggota DPRD Kata Batam Periode 2009-2014
  • Wakil Ketua DPRD Kota Batam Periode 2014-2019

Kursus dan Pendidikan Nonformal

  • Kursus Lemhanas Angkatan XXXV Jakarta
  • Seminar European City Infrastructure and Planning Marseille France

Riwayat Organisasi

  • Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Ketua Umum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Ketua Satma Pemuda Pancasila Kota Semarang
  • Gapensi Kepri
  • Wakil Ketua Umum Forki Batam
  • Wakil Ketua FKPPI Kota Batam

(***)

 

Reporter: Agung Maputra

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.