13 Tahun Mati Suri, Daihatsu Taft Tampil Lebih Gahar

INTREN.ID, OSAKA – Daihatsu akhirnya memperkenalkan produk barunya di ajang Tokyo Auto Salon 2020, yaitu Taft. Ini merupakan penampilan perdananya di dunia, yang masih dalam rupa konsep.

Mengusung gaya mini crossover, lawan Suzuki Jimny tersebut sudah masuk generasi kelima, sejak model pertamanya lahir di 1974.

Tak ada yang mengira jika Daihatsu menghidupkan Taft kembali. Mengingat generasi keempatnya, disetop produksinya pada 2007, atau 13 tahun lalu.

Bila sedikit mundur ke belakang, Taft konsep ini lahir dari mobil WakuWaku, yang memulai debutnya di pameran otomotif Tokyo Motor Show (TMS) 2019.

Desain bodi sampai dimensinya sama, mengusung lekukan tubuh mengotak dengan panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.630 mm.

- ADVERTISEMENT -

Pada versi konsep ini, Taft punya atap kaca (glass roof) yang memberikan kesan lapang buat penumpang kabin. Kemudian ruang bagasi yang datar.

Daihatsu mengklaim, Taft bisa memberikan pengalaman dan suasana baru yang lebih menyenangkan.

Terkait dengan spesifikasi, informasinya masih sangat minim. Namun berdasarkan obrolan bersama Operating Officer DNGA Business Unit, R&D Connect Group Chief Officer Daihatsu Motor Corporation (DMS) Katsumi Marutani, mungkin saja WakuWaku disematkan mesin 660 cc.

Kapasitas jantung pacu tersebut, membuatnya masuk ke dalam golongan kendaraan kei car, buat market Jepang. Namun soal jenis mesin untuk pasar di luar Jepang, belum ada kepastiannya.

Sementara soal akomodasi, mobil konsep tersebut punya konfigurasi pintu yang beda ketimbang Jimny. Total ada enam pintu yang bisa dibuka. Meliputi empat pintu samping dan dua pintu belakang yang modelnya terpisah. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.