104 Petugas Pilkada di Balikpapan Belum Lakukan Swab Test, Wali Kota Imbau Periksa di Labkesda

INTREN.ID, BALIKPAPAN – Sebanyak 104 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) belum mengikuti swab test yang telah dijadwalkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan selama dua hari, Selasa (1/12/2020) dan Rabu (2/12/2020).

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi sekaligus ketua Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan mengimbau kepada mereka yang belum swab test untuk mengikuti tes tersebut di laboratorium kesehatan daerah (labkesda) yang berada di Dinas Kesehatan Kota pada Kamis (3/12/2020).

“Kami mohon kerja samanya kepada mereka yang belum, untuk dapat mengikuti swab test tersebut,” ungkap Rizal saat jumpa pers di Kantor Wali Kota, Rabu (2/12/2020).

Dijelaskan Rizal, swab test ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari rapid test pekan lalu terhadap 13.545 calon KPPS dan Perlindungan Masyarakat (Linmas), yang didapatkan 1.031 hasil reaktif.

Kemudian pada waktu yang bersamaan, Bawaslu Balikpapan melakukan rapid test terhadap 1.505 orang calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan terdapat 132 yang reaktif.

Dari total hasil rapid test reaktif pertama sebanyak 1.165 orang, dilakukan rapid test ulang atau yang kedua dan 742 orang kembali mendatkan hasil reaktif.

“Dari 742 ini, pada hari pertama yang swab test 390 orang, hari kedua 248 orang. Jadi 104 belum mengikuti swab test, kami membuka kesempatan swab test di labkesda,” tandasnya.

Di tempat yang sama, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, Noor Thoha juga mengimbau bagi 104 orang tersebut untuk mengikuti swab test. Karena hasil pemeriksaan kesehatan menjadi bagian untuk bertugas nantinya.

“Kita harapkan semuanya untuk dapat ikut dan hasilnya negatif. Karena jika ada yang positif, mereka tidak dapat bertugas dan harus diganti,” ungkapnya.

Dalam jumpa pers tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 Balikpapan melaporkan Rabu terdapat penambahan 23 terkonfirmasi positif, 21 selesai isolasi, dan tidak ada yang meninggal dunia. (***)

Editor: Guntur Marchista Sunan

Get real time updates directly on you device, subscribe now.