Sering Kena Masuk Angin, Coba Cegah dengan Cara Berikut Ini

INTREN.ID, JAKARTA – Istilah masuk angin mungkin sudah tidak asing di mata kita. Karena masuk angin sendiri tercipta di lingkungan Indonesia.

Sebenarnya, masuk angin tidak ada dalam istilah dunia medis. Masuk ingin adalah gejala yang menandakan kombinasi dari dua jenis gangguan kesehatan, yakni maag dan flu. Kamu akan merasakan sakit perut, batuk-batuk, kembung, pilek, begah, dan lainnya.

Nah, apalagi kamu yang sering keluar malam. Pasti rentan terkena masuk angin. Soalnya, udara yang dingin dan kering akan mengganggu kesehatan. Untuk itu, kamu perlu mengikuti cara mencegah masuk angin berikut ini, ya!

 

Pakai Jaket Tebal

Jika kamu memang sering keluar malam, jangan lupa untuk menggunakan jaket yang nyaman dan hangat untuk dipakai. Tubuhmu akan terhindar dari udara dingin yang dapat menyebabkan kamu menjadi masuk angin.

 

Makan Teratur dan Minum Air Putih

Tubuh yang ternutrisi dan terhidrasi dengan baik tentunya akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik juga. Jadi, jangan lupa untuk makan dengan teratur dan pastikan juga bernutrisi, serta minum air putih yang cukup.

 

- ADVERTISEMENT -

Kurangi Minum Es

Menghindari minuman dingin atau es adalah salah satu cara mencegah masuk angin. Soalnya, minuman dingin dapat mengecilkan pembuluh darah dan akan memicu pembendungan. Jika terjadi pada hidung, selaput atau mukosa akan membesar dan akan mengeluarkan banyak cairan yang akan menyebabkan pilek. Air dingin juga dapat menyebabkan perut kembung akibat dari kontraksi otot pada selaput lendir di lambung dan menimbulkan gas.

 

Hindari Merokok

Cara mencegah masuk angin berikutnya adalah menghindari merokok yang dapat membuat saluran pernapasan menjadi kering dan rusak. Salah satu dampaknya adalah rambut halus yang berperan untuk mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh menjadi rusak. Akhirnya, tubuh mudah terserang penyakit.

 

Hindari Makan Permen Karet & Minuman Soda

Apakah kamu tahu kalau masuk angin juga bisa disebabkan karena kamu terlalu banyak menelan udara? Seperti pada saat mengunyah permen karet dan minum soda, udara akan banyak masuk ke dalam lambung. Kamu akan mengalami gejala dispepsia, seperti perut kembung dan sering buang angin.

 

Istirahat yang Cukup

Mencegah masuk angin yang paling penting adalah punya waktu istirahat cukup. Tubuh yang kurang diistirahatkan sangat gampang sakit, jadi tidak heran kalau gampang masuk angin atau sakit. (red)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.